Sabtu, 14 November 2009

GENIA FESTIVAL : Sejarah Vespa

Sejarah Vespa Piaggio
Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Si Rinaldo memulai bisnisnya dari peralatan kapal, rel kereta, gerbong kereta, body truck, mesin dan kereta api. Pada akhir perang dunia II, pabrik piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Karena perekonomian Italia yang memburuk karena dampak perang dunia kedua, Enrico Piaggio yang merupakan anak dari Rinaldo Piaggio mengambil bisnis ayahnya. Enrico sedang memikirkan cara membuat alat transportasi murah.
Dari bisnis ayahnya, enrico menemukan inspirasi membuat alat alat transportasi roda dua yang terinspirasi dari pesawat terbang. Seperti bentuk suspensi mosnoshock untuk membudahkan pergantian ban yang diadaptasi dari pesawat terbang, starer yang dibuat dari komponen bom, serta dodinya terbuat dari alumunium seperti body peswat.
Dari hasil penelusuran mbah google, katanya veespa pertama kali dibuat tahun 1945, kata “Vespa” berasal ari kata “Wesp” yang artinya lebah penyengat. Jika kita perhatikan secara seksama, bentuk vespa terlihat seperti lebah penyengat jika dilihat dari atas.
Kebetulan kakak saya seorang pelaut, bahkan kapten kapal kakak saya sangat tekagum-kagum pada Indonesia, menurut orang bule tersebut, dieropa untuk menemukan vespa tua tahun 1985 saja sangat sulit sekali, dan pajak motornya sangat mahal, hampir sama dengan pajak motor-motor sport.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar